UPAYA MENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT MODEL TAKE AND GIVE BERBANTUKAN MEDIA POWER POINT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata/mufradat pada siswa MTs Negeri 2 Jembrana dengan menerapkan model pembelajaran Take and Give (TG). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus mempunyai 3 tahapan yaitu : 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes, sedangkan instrumen penelitian berupa butir soal pre-test, butir soal post test, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif yakni dengan membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan mufradat dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Take and Give secara maksimal, sehingga model pembelajaran TG dapat dijadikan sebagai alternatif metode pengajaran mufradat. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai dari pra siklus yang mencapai ketuntasan KKM 13,33%, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 80%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Hal ini sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yakni minimal siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 75% dari jumlah keseluruhan siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.