IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM PADA MATERI KALIMAT TAYYIBAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ainur Rokhmah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran yang belum efektif. Rendahnya aktifitas belajar siswa dipengaruhi oleh salah satunya model pembelajaran disebabkan oleh penyampaian materi berpokok kepada guru saja akibatnya  proses belajar siswa menjadi membosankan dan siswa menjadi tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. 

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV MI Mambaul Ulum Kota Tegal. Cara meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan mengimplementasikan model Discovery Learning sebagai salah satu alternatif dalam pemecahan masalah. Dalam penelitian Tindakan kelas ini Subyeknya adalah siswa kelas IV MI Mambaul Ulum yang jumlah siswa 20 orang, 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa. Metode Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas 2 siklus, dengan tahapan sebagai berikut:

tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I kategori keaktifan belajar siswa mencapai 60% dengan kategori “sedang”, dan pada siklus II mencapai 88% dengan kategori “memuaskan”.  Kesimpulan bahwa diperoleh dari penelitian ini adalah, penggunaan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa.

Dengan begitu, penerapan model pembelajaran discovery learning dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang akan diterapkan pada mata pelaran Akidah Akhlak salah satunya materi klimat tayyibah subhanallah dan Allahu Akbar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.