PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 UPT SMAN 4 LUWU UTARA

Lia Ayu Wahyuni

Abstract


Mind Mapping merupakan teknik yang paling baik dalam membantu proses berpikir otak secara teratur karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak dan dengan menerapkan Strategi Mind Mapping peserta didik  dapat meningkatkan daya ingat hingga 78%. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas X MIPA 1 UPT SMAN 4 Luwu Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada 9 November samapai dengan 31 Desember 2022,tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik dengan Strategi Mind Mapping kelas X MIPA 1 UPT SMAN 4 Luwu Utara. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan penilaian, dan refleksi. Selanjutnya prosedur kerja penelitian ini dibagi dalam dua siklus. Siklus berlangsung selama 2 kali pertemuan . Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi tiap siklus dan tes akhir siklus.Hasil yang diperoleh dari analsis deskriptif peserta didik pada siklus 1 diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik setinggi 74,81 dengan persentase ketuntasan kelas 74,07% dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik setinggi 76,48 dengan persentase ketuntasan 81,48%. Hasil ini menunjukkan bahwa Strategi Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.