PENERAPAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI KELAS VI MI MIFTAHUL MUNA

Ahmat Fatoni Azis

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan siswa MI Mifathul Muna Prambon dalam memecahkan masalah geometri. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah geometri, setelah diterapkannya metode active learning dan pengaruh keterampilan pemecahan masalah geometri peserta didik setelah diterapkannya metode active learning pada siswa kelas VI MI Miftahul Muna Prambon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VI MI Miftahul Muna Prambon. Objek penelitian ini adalah Penerapan Active Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Geometri Kelas VI MI Miftahul Muna Prambon. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tulis dan observasi. Analisis deskriptif kualitatif merupakan analisis data dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana pada masing – masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah bahwa siswa kelas VI MI Miftahul Prambon memiliki peningkatan capaian presentase keterampilan pemecahan masalah yang terdiri dari empat tahapan: 1)  Siswa dalam memahami sebuah persoalan sebelum mulai bekerja pada siklus I 75% dan pada siklus II menjadi 90 %; 2) Penggunaan gambar, grafik, dan model fisik untuk membantu memecahkan soal pada siklus I 65% dan pada siklus menjadi II 80 %; 3) Siswa dalam menggunakan strategi yang sesuai dengan pemecahan soal pada siklus I 60 % dan pada siklus II menjadi 80 %; 4) Siswa dalam menilai kebenaran jawaban atau meneliti ulang dari jawaban pada siklus I 70 % dan pada siklus II menjadi 85 %. Dengan adanya peningkatan pada siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penerapan active learning dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah geometri siswa kelas VII MI Miftahul Muna Prambon.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.