MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI MARI MENGENAL ALLAH MELALUI METODE MAKE A MATCH

Lukman Nuryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Make A Match dengan media kertas karton untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran pada kelas V SD. Hal ini berangkat dari data hasil evaluasi belajar siswa yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang berarti bahwa siswa masih lemah dalam pembelajaran. Metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran adalah metode Make A Match dengan media kertas karton. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Make A Match dilaksanakan dalam dua siklus. Dari penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari pra siklus 37,5 % pada siklus I menjadi  50 % pada siklus II dengan peningkatan sebesar 100 %, begitu juga dengan kemampuan respon siswa terhadap pembelajaran yang meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas V SD Negeri Sungai Bundung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.