PENERAPAN DEMONSTRATIVE MODEL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MACAM-MACAM SUJUD SISWA KELAS VIII A

Yetty Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi macam-macam sujud dengan menggunakan Demonstrative Model pada siswa kelas VIII A  SMP Negeri 1 Bulik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bulik yang berjumlah 14 siswa.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.  Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar materi macam-macam sujud siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bulik.

Peningkatan didasarkan  hasil penelitian siklus I, dimana ada beberapa siswa yang belum memperoleh hasil belajar mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal, pada penelitian siklus II sudah mulai terlihat hampir seluruh siswa sudah memperoleh hasil belajar yang tinggi. Dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan Demonstrative Model  siswa terlihat aktif, penerimaan siswa terhadap pembelajaran lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna.

Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,42 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,57. Jumlah siswa mampu mencapai KKM ≥ 70 pada siklus I ada 9 siswa, dan pada siklus II ada 12 siswa. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 64,28% dan pada siklus ke II sebesar 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa  setelah penerapan demonstrative model.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.