PENERAPAN DEMONSTRATIVE MODEL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MACAM-MACAM SUJUD SISWA KELAS VIII

Yetty Purnama

Abstract


Yetty Purnama1

Email : yettypurnama02@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi macam-macam sujud dengan menggunakan Demonstrative Model pada siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Bulik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bulik yang berjumlah 14 siswa.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan lembar soal. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar materi macam-macam sujud kelas VIII SMP Negeri 1 Bulik.

Peningkatan didasarkan pada hasil penelitian siklus I, dimana ada beberapa siswa yang belum memperoleh hasil belajar mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Pada penelitian siklus II sudah mulai terlihat hampir seluruh siswa sudah memperoleh hasil belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan demonstrative model, dimana pada saat penerapan demonstartive model dalam pembelajaran  siswa terlihat aktif sehingga proses penerimaan siswa terhadap pembelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian yang baik dan sempurna.

Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,42 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 77,57. Jumlah siswa mampu mencapai KKM ≥ 70 pada siklus I ada 9 siswa, dan pada siklus II ada 12 siswa. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 64,28% dan pada siklus ke II sebesar 85,71%. Selain itu minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.