PENERAPAN STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KOSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN LAMAN BARU

Warsini Warsini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan konsentrasi belajar Agama  Islam siswa kelas 5 SD Negeri Laman Baru, Kecamatan Permata Kecubung, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah.

         Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Laman Baru pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Obyek penelitian adalah peningkatan konsentrasi belajar Agama Islam melalui metode Small Group Discussion. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu hasil observasi, angket, tes dan dokumentasi.

         Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Agama Islam menggunakan metode Small Group Discussion dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Hasil nilai pre tes pemahaman konsep sebesar 59,00 pada siklus 1 ini rata-rata tes pemahaman meningkat menjadi 67,50 kemudian pada siklus 2 rata-rata tes pemahaman konsep menjadi 81,00 sehingga mengalami peningkatan. Pada ketuntasan kelas awal sebesar 50%  pada siklus 1 ketuntasan kelas meningkat sebesar 70%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 100%, sehingga ketuntasan kelas mengalami peningkatan sebesar 50%. Hasil tes lisan juga menunjukkan rata-rata siklus 1 67,70 kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 73,10. Pada angket konsentrasi siswa meningkat dari siklus 1 yaitu 78,50%  meningkat menjadi 80,50% dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.