UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SDN 1 LUWE HILIR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN-1 Luwe Hilir yang disebabkan karena pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih berpusat pada guru yang masih mengikuti kebiasaan dengan urutan yang dimulai guru dengan langsung memaparkan materi, selanjutnya mengevaluasi siswa melalui latihan. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam dalam materi Jujur disayang Allah dengan menggunakan metode pembelajaran Tanya jawab, diskusi, dan presentasi pada siswa kelas IV SDN-1 Luwe Hilir. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam materi Jujur disayang Allah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN-1 Luwe Hilir. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis dalam dua siklus menghasilkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I siswa yang tuntas hanya 3 atau 50 % ketuntasan siswa dalam pembelajaran menjadi 100 % atau 6 siswa yang tuntas pada siklus ke-II dan peningkatan nilai rata-rata dari 69.66 pada siklus I menjadi 78.66 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Jujur Disayang Allah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.