PENERAPAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BERIMAN PADA HARI AKHIR KELAS VI SDN BATANG KULUR KIRI 1

Syahrita Yuani Noor

Abstract


Adanya permasalahan dalam pembelajaran terutama pada materi beriman pada hari akhir yang disebabkan oleh keaktifan siswa pada pembelajaran PAI masih rendah, dan siswa kesulitan memahami materi sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, digunakanlah Metode pembelajaran Make A Match . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN Batang Kulur Kiri 1 dengan jumlah siswa 11 orang yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 dua siklus dan disetiap akhir pertemuan dilakukan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar semakin baik. Hasil belajar mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan dari awal siklus I mencapai persentase 72,72% sedangkan pada akhir siklus II mencapai persentase 94,09%.

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Metode pembelajaran Make A Match dapat menjadi salah satu alternatif dalam memilih dan merancang pembelajaran yang akan diterapkan di kelas sebagai upaya dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.