MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SDN SUNGAI PUNGGU BARU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY

Sri Yuniarti

Abstract


Hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Punggu Baru I, Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam pembelajaran PAI tentang materi membaca Q.S Al-Falaq, kurang mencapai KKM 70 disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariatif. Untuk mengatasinya digunakanlah Model Pembelajaran Modelling The Way untuk menguji efektivitas metode tersebut dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menempuh prosedur penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya menempuh empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan,  pengamatan, dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Punggu Baru 1 pada pembelajaran PAI materi membaca Q.S Al-Falaq dengan penggunakan Model Pembelajaran Modelling The way dapat ditingkatkan. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya sebanyak 3 orang siswa (50%) disebabkan karena pada kegiatan pembelajaran, guru kurang dalam memberikan contoh/model yang melakukan praktik membaca Q.S Al-Falaq, serta banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran. Siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 5 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Ini dikarenakan guru sudah memberikan contoh praktik membaca Q.S Al-Falaq lebih banyak dengan meminta beberapa orang siswa melakukan praktik langsung dan melalui tayangan video pembelajaran. Terjadi peningkatan yang signifikan karena siswa yang tuntas mencapai 84%, sehingga penelitian berakhir pada siklus ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.