PENINGKATAN KREATIVITAS HASIL BELAJAR SISWA MATERI THAHARAH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SMPN 1 DANAU PANGGANG KELAS VII

Mufidah Mufidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan kreativitas hasil belajar siswa sebelum menggunakan Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI Thaharah dikelas VII SMPN 1 Danau Panggang, (2) peningkatan kreativitas hasil belajar siswa sesudah menggunakan Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI materi Thaharah diklas VII SMPN 1 Danau Panggang dan, (3) penerapan Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI dikelas VII SMPN 1 Danau Panggang.

 

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas/ Classrom Action Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Danau Panggang, yang terdiri dari 26 orang.

 

Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) hasil pre test yang dilakukan hanya 1 orang siswa yang mampu mencapai kriteria ketuntasan maksimum dengan nilai rata-rata

40.57 atau 11.53%. (2) Pada siklus I, kreativitas siswa belum mencapai kriteria pencapaian indikator kreativitas hanya beberapa siswa yang terbilang kreatif dengan nilai rata-rata 1.8. Pada siklus I ini yang mampu mencapai ketuntasan blajar hanya 7 siswa dengan nilai rata-rata 62.11 atau 57.67%. selanjutnya pada siklus II siswa sudah mampu mencapai indikator pencapaian kreativitas dengan nilai rata-rata 3.0. Pada siklus II siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan hasil belajar yaitu 17 siswa dengan nilai rata- rata77.50 atau 84.6


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.