PENGGUNAAN FILM KARTUN EDUKATIF ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMPN 4 SATAP SUKAMARA

Helda Astuti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa di kelas 7 SMPN 4 Satap Sukamara  dengan menggunakan film kartun edukatif Islami. Hal ini dilakukan karena persentase  ketuntasan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film kartun edukatif islami dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif pada pra siklus sebesar 59,29 dengan pencapaian ketuntasan belajar 42,86 %; skor tes formatif I rata-rata 66,14 dengan pencapaian ketuntasan belajar 57,14 %; skor tes formatif II rata-rata 71,43 %; skor post tes siklus I rata-rata 83,57 dengan pencapaian ketuntasan belajar 100 %. Dengan demikian penggunaan film kartun edukatif islami dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.