PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN SDN SUMBER CAHAYA

Nurul Khasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar dengan menerapkan metode Cooperative learning pada Siswa kelasV SDN Sumber Cahaya Kabupaten Lamandau.Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas(Classroom Action Research).Subjek dalampenelitian ini adalah Siswa kelas V SDN Sumber Cahaya yang berjumlah 15 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PenelitianTindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan,indakan, pengamatandan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapatdalam satusiklus yang dilakukan berulangdengan langkahlangkah yang sama dan tetapdifokuskan pada cara penyelesaian masalah (jawaban) dengan menemukan sendiri,menyelidiki sendiri serta pencarian informasi dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning.

            Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah kisi-kisi dan butir soal yang digunakan untuk tes. Tes ini fungsinya adalah: (1) Untuk menentukan seberapa baik siswa telah menguasai bahan pelajaran yang diberikan dalam waktu tertentu; (2) Untuk menentukan apakah suatau tujuan telah tercapai; dan (3) Untuk memperoleh suatu nilai (Arikunto, Suharsimi, 2002:149). Sedangkan tujuan dari tes adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara individual maupun secara klasikal. Disamping itu untuk mengetahui letak kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sehingga dapat dilihat dimana kelemahannya, khususnya pada bagian mana TPK yang belum tercapai. Untuk memperkuat data yang dikumpulkan maka juga digunakan metode observasi (pengamatan) yang dilakukan sendiri oleh guru untuk mengetahui dan merekam aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar.

Peningkatan didasarkan pada hasil penelitian siklus I,dimana ada Beberapa siswa yang hasil belajarnya masih belum mencapai KKM.Pada penelitian Siklus II sudah mengalami peningkatan hampir semua siswa hasil belajarnya meningkat diatas KKM dengan menerapkan Metode Cooperative Learning,anak menjadi lebih aktif dan belajar menjadi lebih menyenangkan.Mereka juga bisa saling membantu jika ada teman yang kesulitan.

Metode cooperative learning adalah suatu metode pembelajaran atau strategi dalam belajar dan mengajar yang menekankan pada sikap/perilaku bersama dalam bekerja dengan kata lain pembelajaran dengan membuat kelompok-kelompok yang bertujuan untuk saling memotivasi dan saling membantu agar tujuan bisa tercapai.      


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.