PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMOTIVASI SISWA SMPN 3 BELANTIKAN RAYA

Sugeng Purwanto

Abstract


Pembelajaran PAI yang masih lebih banyak menggunakan metode konvensional dan berpusat pada guru membuat motivasi belajar PAI siswa menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan metode guided discoveri learning pada pelajaran PAI materi QS. Al Furqon 25:63 tentang Rendah hati dan hadis terkait kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Belantikan Raya Kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Belantikan Raya Kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil angket dan hasil observasi sebagai data primer, serta tes hasil belajar sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode guided discoveri learning dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Belantikan Raya. Rata-rata motivasi belajar PAI siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 39.8% menjadi 53.5% pada siklus I dan meningkat menjadi 62.4% pada siklus II dan berada pada kategori tinggi. Sejalan dengan itu, rata-rata hasil evaluasi belajar meningkat, yaitu dari pra tindakan 61.3 dengan kategori kurang meningkat menjadi 68.7 dengan kategori cukup pada siklus I, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77.3 dengan kategori baik. Cara meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menggunakan metode guided discoveri (penemuan terbimbing) dalam pembelajaran dengan alasan penerapan metode diharapkan dapat meningkatkann motivasi siswa dalam pembelajaran secara mandiri / berkelompok dengan prosedur mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan, mengolah dan menganalisa informasi, dan mengkomunikasikan dengan melalui bimbingan atau arahan dari guru dengan pendekatan keativan siswa dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.