PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMOTIVASI SISWA SMPN 3 BELANTIKAN RAYA

Sugeng Purwanto

Abstract


Pembelajaran PAI yang masih lebih banyak menggunakan metode konvensional dan berpusat pada guru membuat motivasi belajar PAI siswa menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan metode guided discoveri learning pada pelajaran PAI materi QS. Al Furqon 25:63 tentang Rendah hati dan hadis terkait kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Belantikan Raya Kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Belantikan Raya Kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil angket dan hasil observasi sebagai data primer, serta tes hasil belajar sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode guided discoveri learning dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Belantikan Raya. Rata-rata motivasi belajar PAI siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 39.8% menjadi 53.5% pada siklus I dan meningkat menjadi 62.4% pada siklus II dan berada pada kategori tinggi. Sejalan dengan itu, rata-rata hasil evaluasi belajar meningkat, yaitu dari pra tindakan 61.3 dengan kategori kurang meningkat menjadi 68.7 dengan kategori cukup pada siklus I, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77.3 dengan kategori baik. Cara meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menggunakan metode guided discoveri (penemuan terbimbing) dalam pembelajaran dengan alasan penerapan metode diharapkan dapat meningkatkann motivasi siswa dalam pembelajaran secara mandiri / berkelompok dengan prosedur mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan, mengolah dan menganalisa informasi, dan mengkomunikasikan dengan melalui bimbingan atau arahan dari guru dengan pendekatan keativan siswa dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Sanjaya, W. 2006. Strategi PembelajaranBerorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana Asy’ari, Muslichach. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Hamdhu, Ghullam, Lisa Agustina, 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1, Halaman 83. Universitas Pendidikan Indonesia

Hanafiah, Nanang, dkk. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Ikromah, Nurul. 2011.Penerapan Model Guided Discovery untuk Miningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. UPI. Bandung.Suryosubroto, B.. 2009.Rineka Cipta. Jakarta

Jakarta.hal 188

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar, H. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sains Di Sekolah Dasar. Depdiknas Ditjen Dikti. Jakarta.

Sukmana, Prasetya Budi. 2009. Model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing).

Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta : K-Media.

WS. Winkel. (1983) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 1983 Zubaidi.2011.Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media.ha.185


Refbacks

  • There are currently no refbacks.