MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD

Muhammad Ikhwan Fadilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil dan aktifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti materi senangnya menuntut ilmu dan mengamalkannya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, yakni memaparkan seluruh kejadian dan gejala-gejala yang muncul pada saat penelitian berlangsung. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bakumpai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan unuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi senangnya menuntut ilmu dan mengamalkannya Kelas X. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi senangnya menuntut ilmu dan mengamalkannya. Hal ini ditunjukkan dengan capaian hasil ketuntasan pembelajaran yang mencapai 85%. Selanjutnya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam materi senangnya menuntut ilmu dan mengamalkannya. Hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan yang signifikan dari capaian hasil observasi aktifitas peserta didik dari 70,83 % pada siklus pertama menjadi 87,50% pada siklus kedua.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.