PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 1 KUSAN HILIR

Yusral Inayah

Abstract


Pelaksnaan kegiatan belajar daring pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam  dan budi pekerti  di SMA Negeri 1 Kusan Hilir guru menghadapi kendala yaitu menurunnya motivasi siswa dalam pembelajran. Penyebab dari penurunan motivasi belajar siswa ini dikarenakan adanya kejenuhan dalam  kegiatan pembleajaran daring  dimana  dalam  pelaksanaannya tidak terjadi komunikasi atara guru dan siswa karena kegiatan pembelajaran hanya dilakukan melalui WhatsApp ataupun Google Classroom. Salah satu aplikasi pembelajaran  dalam  pembelajaran daring   yang tepat untuk membangun komunikasi antara  guru dan siswa  adalah Zoom Meeting.

Peneltian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kusan Hilir Jl. Kusuma Negara KM 2,2 No 26 Desa Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bmbu Provinsi Kalimantan Selatan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif.

Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa motivasi belajar pencapaian motivasi belajar  siswa pada indikator tekun belajar mencapai  76.23 %, indikator   ulet menghadapi kesulitan/tugas mencapai 69.90%, indikator menunjukkan minat belajar PAI mencapai 76.42 %, indikator berprestasi   dalam belajar   PAI mencapai 74.28%   ,   indikator    mandiri dalam belajar mencapai 68.57%. Hasil  penelitian  siklus II menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa telah mencapai rata-rata 88% dan termasuk dalam ketegori baik. Perolehan tersebut sudah memenuhi kriteria keberhasilan dari penelitian ini yaitu motivasi belajar PAI menggunakan media Aplikasi Zoom Meeting minimal termasuk dalam  kategori  baik  atau  ≥  76%  ,  maka  dari  itu  guru  dan  peneliti menghentikan pemberian tindakan pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Am, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta: RajawaliPeerss, 2012.

Daradjat , Zakiah,.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Depag RI, Alqur’an dan Terjemahnya. Surah Yunus:40-41 dan Surah Al Maidah:32

Depdiknas, Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta:Puskur, 2003.

Erman Suherman, Bagaimana Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas, http://guruku.wordpress.com/2007.

G. Hamdu& Agustina, L. . Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 2011.

Ibrahim, Muslimin, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: UNESA, 2000.

J. F , Martínez,., Santibanez, L., & Mori, E. E. S. Educational opportunity and immigration in méxico: Exploring the individual and systemic relationships. Teachers College Record, 115(10), 2013.

Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

Majid , Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah, Ujung Pandang: CV. Berkat Utami, 1996.

Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiani, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211–226. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Nahlawi Abdurrahman., Pendidikan Islam di rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press. 1995.

Nur Muhammad, Pengajaran Kooperatif dalam Kelas IPA, Surabaya: IKIP Surabaya, 1996.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Slavin dalam Etin Solihatin, Cooperative Learning, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Stahl sebagaimana dikutip oleh Etin Solihatin, Cooperatif Learning: Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Suharsimi Arikunto,dkk, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Suprihatin, S. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI(JurnalPendidikanEkonomi),3(1),7382.https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144.205

Surawan, 2019. "Pernikahan Dini; Ditinjau dari Aspek Psikologi". Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2

Thorin, Metode Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad, 2012.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya : Anilisis di Bidang Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.