PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK
Abstract
Rendahnya hasil belajar PAI yang disebabkan kurang optimalnya model pembelajaran sehingga peserta didik sulit memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis literasi dan presentasi di kelas IV SD Negeri Bahandang 2 Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Bahandang 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berbasis literasi dan presentasi ini meningkatkan hasil belajar siswa dan menurunkan persentase siswa yang memperoleh skor nilai dibawah Ketuntasan Belajar Minimum (KBM) dari 50 % pada Prasiklus menjadi 25 % pada Siklus I dan 0 % pada Siklus II. Dari Siklus I ke Siklus II ada peningkatan hasil belajar sebesar 25%. Kenaikan Hasil belajar tersebut juga dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas meningkat dari siklus I sebesar 73,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 80. Berpijak pada hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis literasi dan presentasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.