MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI JIGSAW

Safiyah Safiyah

Abstract


Penelitian menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Jujur disayang Allah. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV pada SDN 1 Pulau Telo yang terdiri dari 17 orang peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dan secara klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan (PTK) pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SDN 1 Pulau Telo dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan aktivitas pembelajaran pada siklus I terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata ≥ 50% peserta didik pada siklus II dari ≥ 80% meningkat 30% .

Adanya peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik dari nilai rata-rata 69,9 pada siklus I meningkat sangat signifikan pada siklus II menjadi 84,8 maka peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw sangat cocok digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.