PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJA DAN RESITASI PADA SISWA SDN 2 DWI MARGA UTAMA

Surachman Surachman

Abstract


Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV pendidikan agama islam pokok bahasan mari belajar surah al-falaq melalui Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi di SDN 2 Dwi Marga Utama Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian tindakan kelas ini siswa siswi kelas IV SDN SDN 2 Dwi Marga Utama, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. TempatĀ  penelitian perbaikan pembelajaran adalah SDN SDN 2 Dwi Marga Utama Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu waktu penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Siklus I tanggal 10 Agustus 2021 dan siklus II tanggal 16 Agustus 2021.

Hasil penelitian dengan diterapkannya metode pemberian tugas belajar dan resitasi memiliki dampak positif dalam peningkatan pembelajaran pendidikan agama islam tentang mari belajar surah al-falaq pada siswa kelas IV SDN 2 Dwi Marga Utama. Hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus I dari 20 siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (65,00%) dan yang belum tuntas sebanyak 7 siswa (35,00%). Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (90,00%) dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (10,00%), dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,00%. Dengan demikian pada kegiatan siklus II hasil belajar bisa dikatakan tuntas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.