MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKU SENANG BERWUDHU DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Sri Rahmayati

Abstract


Terkait dengan mutu Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang sampai saat ini masih jauh dari harapan. Pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang selama ini berlangsung masih bersifat monoton, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan masih bersifat pasif dan kurang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Ketidak berhasilan pembelajaran ini dibuktikan dari hasil Penilaian pretes dari sebanyak 6 siswa, siswa yang belum memenuhi KKM (<75) adalah sebanyak 2 siswa atau 33 %, sedangkan yang sudah memenuhi KKM (>75) adalah sebanyak 4 siswa atau 67 %. Dan rata-rata nilai kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 60,83.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penggunaan model discovery learning  dapat meningkatkan Hasil Belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas IV di SDN 1 Bukit Tunggal Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini terlihat dari 6 siswa pada saat sebelum menggunakan model discovery learning  yang nilainya di atas KKM sebanyak 2 siswa atau 30%, namun setelah menggunakan model discovery learning  pada siklus I pertemuan 1 jumlah siswa yang nilainya di atas KKM sebanyak 3 siswa atau 50%, pada siklus I Pertemuan 2  siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 4 siswa atau 67%, dan pada Siklus I pertemuan 3 siswa yang mendapay nilai KKM sebanyak 6 siswa atau 100%.  Kenaikan Hasil belajar tersebut juga dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelum menggunakan model discovery learning  sebesar 60.83 pada siklus I pertemuan 1 menjadi 73, pada siklus I pertemuan II menjadi 80,00, pada siklus I pertemuan 3 menjadi 89,33 dan pada post test menjadi 98,83


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.