MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AKU SENANG BERWUDHU DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Sri Rahmayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aku senang berwudhu dengan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Bukit Tunggal dengan subjek sebanyak 6 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil pretes, tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan hasil post tes.  Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus,  siklus I sampai siklus III yaitu, pra siklus (33,00%)  siklus I (50,00%), siklus II (67,00%), siklus III (83,00%) dan post tes (100 %). Simpulan dari penelitian ini adalah model discovery learning dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SDN 1 Bukit Tunggal, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aku senang berwudhu.


Full Text:

PDF

References


Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Penerbit J-ART

Kurikulum 2013 kelas IV semester ganjil.

Lexy J.Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Muhtadi Ansor, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab Media, dan Metode-metodenya, (Yogyakarta: Teras. 2009).

Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, (Jogjakarta: Diva Press, 2012).

Nurjamal, Daeng, Terampil berbahasa, (Bandung: Alfabeta. 2011).

Rasjid, Sulaiman, Fiqh Islam, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2018).

Rosdikarya,2011).

Rostiyah NK, Strategi Belajar Mengajar,(Jakarta: Rineka Cipta, 2008). RPP PAI

Sanjaya, Wina, Standar Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Edisi Pertama,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006).

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi,( Sinar Baru : Algesindo, 1995).

Sudjana, Nana ,Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Biru, 1989).

Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru. 1998).

Sudjono, Anas, Pengantar Statistika Pendidikan, ( Jakarta: Raja Grafindo persada.1996).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Bandung: Alfabeta. 2012).

Sukmadinata, Nana Syaodih , Metode Penelitian Pendidikan,(Bandung: Remaja

Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Menejemen Komunikasi, (Yogyakarta: MedPress, 2009).

Surawan, 2019. "Pernikahan Dini; Ditinjau dari Aspek Psikologi". Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2

Syah, Muhibbin, Metodologi Psikologi Pendidikan,(Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003).

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1992).

Usman, Basyirudin Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Pres.2002).

Zuhairini, dkk, Matodik Khusus Pendidikan Agama, (Surabaya : Usaha Nasional 1988


Refbacks

  • There are currently no refbacks.