UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA MATERI DENGAN ILMU PENGETAHUAN SEMUA MENJADI LEBIH MUDAH DENGAN PENERAPAN MODEL SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA KELS VII SMPN SATU ATAP 2 MUARA TEWEH SEMESTER I TAHUN AJARAN 2021/2022

Yunarko Yunarko

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PAI  pada materi dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah dengan penerapan model scientific learning pada sisiwa kelas VII SMPN Satu Atap 2 Muara Teweh Semester I Tahun Ajaran 2021/2022.

Motivasi dan prestasi dalam penelitian ini adalah kondisi mental yang selalu semangat saat belajar untuk meningkatkan prestasinya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sekaligus sebagai peneliti.

Desain penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang menyatakan dalam I siklus terdapat 4 langkah yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu   Tes, observasi, dan dokumentasi.  (https://text-id.123dok.com/document/rz3mk16dy-desain-penelitian-tindakan-kelas-model-kurt-lewin.html )

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus Tahun 2021 . Adapun subjek penelitian ini   siswa kelas VII SMPN Satu Atap 2 Muara Teweh terdiri dari 6 siswa. Objek penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar siswa.

Data yang diperoleh dianalisis  dan disajikan dalam bentuk deskripsi dan tabel. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada motivasi dan prestasi belajar pada siswa dimana pada siklus I sebesar 66,7%  (katagori Kurang),  pada siklus II meningkat menjadi 83%( katakori baik).  Melihat prosentase tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan sebesar 16,7% .Maka dengan demikian penerapan model scientific learning pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN Satu Atap 2 Muara Teweh


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.