PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH-SURAH PENDEK PELAJARAN PAI KELAS IV SDN PALIMBANG GUSTI 2

Elya Mu’jizah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan dengan lancar dan tepat, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah ini adalah : Apakah penerapan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca surah-surah pendek dengan baik dan benar pada mata pelajaran Agama Islam siswa Kelas IV. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 10  orang siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah penerapan metode latihan (drill) untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan pada mata pelajaran Agama Islam siswa Kelas IV SDN Palimbang Gusti 2.

 

Metode latihan (drill) adalah metode yang mengulang-ulang membaca tanpa menggunakan teks atau buku. Metode ini penulis gunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus dilakukan dengan satu kali pertemuan. Dari hasil tes kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan pada kemampuan awal sebelum dilakukan tindakan hanya

         mencapai rata-rata 54,00 berada pada interval 36 – 60 dengan  kategori rendah.

pada siklus I meningkat dengan rata-rata 60,00, berada pada kelas interval 36-60   masih pada kategori rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata rata  76,00.berada pada interval 61 – 75 pada kategore tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan membaca surah-surah pendek dengan baik dan benar pada mata pelajaran agama Islam dikatakan berhasil sesuai dengan yang diharapkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.