MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI CARD MEDIA DI KELAS III SDN MURUNG SARI 2 AMUNTAI

Hidayati Hidayati

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Alquran dengan menerapkan card media pada peserta didik kelas 3 SDN Murung Sari 2 Amuntai.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis data melalui kajian-kajian reflektif dari siklus penelitian. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas melalui dua tahapan siklus. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dalam setiap siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa card media dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran peserta didik kelas III SDN Murung Sari 2 Amuntai. Hasil pelaksanaan tes peserta didik pada siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata kelas 69,35 dengan persentase ketuntasan klasikal 60%. Pada pertemuan 2 terdapat peningkatan, yaitu dengan rata-rata kelas 73,13 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70%. Dari hasil pelaksanaan tes kemampuan membaca Q.S. An Nasr peserta didik pada siklus II pertemuan 1 dengan rata-rata kelas 76,25 dengan persentase ketuntasan klasikal 80%. Pada pertemuan 2 terdapat peningkatan yaitu dengan rata-rata kelas 85,00 dengan persentase sebesar 100%.

Berdasarkan analisis hasil penelitian tersebut, maka peneliti merefleksi bahwa penggunaan cart media dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.