PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI INDAHNYA SALING MENGHORMATI DI SDN KANDANGAN KOTA 7

Abrari Syauqi

Abstract


Problematika siswa dalam peroses pembelajaran saat sudah  tidak dapat lagi berkonsentrasi, merasa jenuh dan bosan, keadaan ini sangatlah tidak  menguntungkan terutama bagi peserta didik dalam pencapaian hasil belajar mereka. Diiringi dengan permasalah ini maka peneliti tertarik untuk menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan media audio visual terhadap materi indahnya saling menghormati mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research dengan jenis penelitian PTK partisipan dan pendekatan discovery learning. Penelitian ini lebih bersifat memecahkan suatu masalah yang hasilnya dideskripsikan secara menyeluruh. Subyek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas VI SDN Kandangan Kota 7.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa  khususnyamateri indahnya saling menghormati pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti selama penerapan media audio visual mengalami peningkatan, terlihat dari rata-rata nilai sebelum dilakukan penerapan adalah 73,3, setelah penggunaan media audio visual maka hasil belajar pada siklus I meningkat dengan rata-rata nilai 79,1 dan pada siklus II mencapai 84,5. Maka, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terkhusus materi indahnya saling menghormati  di SDN Kandangan Kota 7 Hulu Sungai Selatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.