IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SDN LOKRAWA KABUPATEN BARITO KUALA

Bukhari Muslim

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa tema membaca dan menghafal Surah At Tiin disebabkan siswa pasif dalam pembelajaran, guru mengajar tidak bervariatif, siswa kurang tertarik berakibat penguasaan terhadap materi lemah. Strateginya diterapkan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar di Kelas V. Tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Make A Match aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar dapat ditingkatkan.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lokrawa pada siswa kelas V berjumlah 16 orang 6 orang laki-laki dan 10 orang perempuan pada semester I tahun pelajaran 2021/2022. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis tentang Surah At Tiin. Jenis data adalah secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam proses belajar meningkat. Nilai rata-rata 61,25, ketuntasan belajar klasikal 44% siklus I pertemuan 1 menjadi 66 dan ketuntasan belajar 56% siklus I pertemuan 2. Kemudian siklus II pertemuan 3, nilai rata-rata 71,25 dan ketuntasan belajar klasikal 81% dan pada siklus II pertemuan 4 mengalami peningkatan nilai rata-rata 77 dan ketuntasan belajar klasikal 94%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru, menjadi alternatif pembelajaran PAI dan BP tema membaca dan menghafal Surah At Tiin menggunakan model pembelajaran Make A Match karena akan meningkatkan hasil dan proses pembelajaran siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.