UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEMUA BERSIH HIDUP JADI NYAMAN DI SMPN 3 SUKAMARA

Taufiqurahman Taufiqurahman

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi semua bersih hidup jadi nyaman di SMPN 3 Sukamara. Hal ini dilakukan karena dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah sehingga aktifitas siswa hanya 40 %, dan aktifitas guru 60 %. Model pembelajara yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi semua bersih hidup jadi nyaman di SMPN 3 Sukamara adalah model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran Discovery Learning dilaksanakan dalam satu siklus. 2) hasil dari model pembelajaran Discovery Learning pada materi semua bersih hidup jadi nyaman di SMPN 3 Sukamara mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan hasil belajar dan hasil praktek tata cara taharah terlihat dari kemampuan awal pra tindakan 37 %, meningkat menjadi 80% pada pertemuan kedua siklus I dan aktifitas siswa mengalami peningkatan dari 40 % menjadi 75 % pada pertemuan kedua siklus I. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi semua bersih hidup jadi nyaman di SMPN 3 Sukamara.


Full Text:

PDF

References


Ahsan, Muhammad dkk. 2017. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Fathurohman, Pupu dkk.2010. Strategi Belajar mengajar. Bandung :Refika Aditama

Mulyasa, H.E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres.

Poerwadarminta. 2017. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta : Balai pustaka

Rozak, Abdul dkk. 2018. Modul Materi pelatihan Pedagogik 2 Model Pembelajaran Pada sekolah Menemgah Pertama. Jakarta. KementrianAgama Republik Indonesia

Surawan, 2019. "Pernikahan Dini; Ditinjau dari Aspek Psikologi". Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2

Syukur, Asywadie. 2003. Kitab sabilal Muhtadin. Surabaya : Bina Ilmu Rasjid, Sulaiman. 2006. Fiqih Islam. Bandung : Sinar Baru Algensindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.