PENERAPAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI

Nor’aida Nor’aida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar PAI melalui metode ceramah dengan media audio visual pada siswa kelas V SDN 1 Tapian Humbang, kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas (Kalteng).  Jenis penelitian ini adalah PTK, menggunakan model  model Kemmis dan Mac Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi.  Subjek penelitian adalah siswa kelas V.  Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan rata – rata indikator minat belajar ditunjukkan dengan persentase perasaan senangperasaan senang yaitu dari 28% pada pra siklus berubah menjadi 57,3% pada siklus I, dan di akhir siklus II menjadi 84%. Peningkatan rata – rata indikator keterlibatan siswa yaitu dari 26,3 % pada per siklus berubah menjadi 56% pada siklus 1 dan di akhir siklus II menjadi 82,6%.  Peningkatan rata-rata indikator minat ketertarikan siswa yaitu dari 25,5% pada pra siklus berubah menjadi 50% pada siklus 1 dan di akhir siklus II menjadi 84%. Peningkatan rata-rata indikator minat perhatian siswa yaitu dari 26% pada pra siklus berubah menjadi 55% pada siklus 1 dan di akhir siklus II menjadi   81%. Hal ini membuktikan bahwasannya dengan adanya media audio visual dapat meningkatkan Minat Belajar peserta didik pada kelas V SDN 1 Tapian Humbang kec. Mantangai kab. Kapuas Kalimantan tengah..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.