MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI TERBIMBING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III SDN BARUNAI BARU

Sri Datun Nisa

Abstract


Materi pokok pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar di antaranya adalah ibadah yang didalamnya terdapat pokok bahasan praktik shalat fardhu. Praktik shalat fardhu adalah suatu ibadah yang di awali dengan gerakan takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam.

Metode demontrasi terbimbing adalah suatu cara mengajar dengan menyajikan bahan pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas berkembang dari penelitian tindakan karena peneliti berada di sekolah dari tahapan awal sampai akhir penelitian seperti perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar materi shalat fardhu melalui metode demonstrasi terbimbing pada siswa Kelas III SDN Barunai Baru Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala. Pada siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 67, masih dibawah indikator ketuntasan belajar, dan pada siklus I pertemuan 2 dengan rata-rata 68 dan masih di bawah indikator ketuntasan belajar. Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 73 dan semakin meningkat pada pertemuan 2 yaitu 76,5 sudah mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya yaitu > 70.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.