PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Q.S AL-FALAQ PADA SISWA KELAS IV

Anita Karlina

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Asam Pauh Kecamatan Kelua Tahun Pelajaran 2021/2022, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya membaca Q.S. Al- Falaq masih rendah. Melalui media audio visual permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan.Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan membaca Al-Quran surah Al-Falaq, mendiskripsikan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran membaca Al-Quran surah Al-Falaq dengan menggunakan media audio visual, dan mendiskripsikan hasil belajar siswa membaca Al-Quran surah Al-Falaq dengan menggunakan media audio visual. Hasil belajar siswa pada tes akhir presentasi siswa tuntas belajar pada kondisi awal 21,00% meningkat menjadi 37,00% pada akhir siklus I, pada akhir siklus II meningkat menjadi 84%. Demikian juga halnya dengan nilai rata-rata kelas yang selalu mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Dari kondisi awal rata-rata hasil belajar memperoleh 54,74, pada akhir siklus I meningkat 59,47, kemudian pada akhir siklus II meningkat lagi menjadi 78,95 .Jadi penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi membaca Q.S Al-falaq.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.