MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA PADA MATERI SIFAT-SIFAT TERPUJI

Cahaya Cahaya

Abstract


        Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Sifat-sifat Terpuji pada mata pelajaran PAI khususnya siswa kelas III SDN 1 Murung Keramat Kecamatan Selat kabupaten Kapuas. Sifat-sifat Terpuji perlu ditanamkan atau ditumbuhkan dalam diri setiap insan. Sifat-sifat Terpuji dapat dilihat dari sikap, ucapan, maupun perbuatan atau tingkah laku atau akhlak.

 

           Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam sosiodrama siswa terlibat langsung memerankan perilaku-perilaku terpuji. Dengan keterlibatan siswa dalam bermain sosiodrama maka siswa lebih memahami perilaku terpuji. Sehingga akan tertanam dalam dirinya Sifat-sifat Terpuji dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

           Bedasarkan hasil yang telah dilakukan peneliti terjadi penigkatan pada siklus I kemudian dilakukan lagi pada siklus II dan disiklus dua juga terjadi peningkatan hasil belajar sesuai yang diharapkan peneliti. Dengan melihat keberhasilan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Sifat-sifat Terpuji pada siswa kelas III SDN 1 Murung Keramat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.