MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN STRATEGI SOSIODRAMA PADA MATERI SIFAT-SIFAT TERPUJI

Cahaya Cahaya

Abstract


        Penulis melakukan penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Sifat-sifat Terpuji pada mata pelajaran PAI khususnya siswa kelas III SDN 1 Murung Keramat Kecamatan Selat kabupaten Kapuas. Karena sifat-sifat Terpuji dapat membentuk karakter peserta didik menjadi kepribadian yang lebih islami. Akhlak mulia bisa dilihat dari sikap, ucapan, serta perbuatan maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari .

           Saat proses pembelajaran masih terlihat ada beberapa peserta didik yang kurang aktif sehingga terkesan pasif, sehingga pencapaian hasil belajar kurang maksimal, sedangkan pelajaran PAI sangat diperlukan untuk membentuk pribadi peserta didik untuk menjadi lebih baik dan memiliki akhlakul karimah. Dengan strategi sosiodrama penulis berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

           Dalam sosiodrama siswa dapat memahami, mengalami dan terlibat langsung memerankan akhlak terpuji. Melalui  keterlibatan siswa dalam bermain peran maka siswa lebih memahami perilaku terpuji. Dengan demikian akan tumbuh dan dalam dirinya akhlak mulia dan bisa mengimplementasikannya pada kehidupan.

           Menurut hasil yang telah dilakukan peneliti terjadi peningkatan pada siklus I kemudian dilakukan lagi pada siklus II dan di siklus II juga terjadi peningkatan hasil belajar sesuai yang diharapkan peneliti. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Sifat-sifat Terpuji.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.