PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIWA KELAS VI PADA MATERI Q.S AL-KAFIRUN MELALUI METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE

Norshadiqah Norshadiqah

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran bersifat teacher centered sehingga siswa kurang diberdayakan; komunikasi berjalan searah; metode yang digunakan guru monoton pada metode konvensional; rendahnya kemampuan guru mengelola kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK; guru kurang mampu menyusun evaluasi pembelajaran secara HOTS sehingga hal-hal ini berimplikasi terhadap rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada materi Q.S Al-Kafirun.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode Every One is a Teacher Here, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Every One is a Teacher Here. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan di kelas VI SDN 2 Pulau Kuu periode 2021-2022 dengan jumlah sampel sebanyak 6 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Every One is a Teacher Here pada materi Q.S Al-Kafirun. Ada dua pendekatan yang digunakan: pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, dan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya  adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Every One is a Teacher Here dapat meningkatkan efektivitas aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada materi Q.S Al-Kafirun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.