PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH ALFALAQ MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MANTUIL

Nila Anggraini

Abstract


Penerapan model pembelajaran yang tepat pada siswa kelas IV SDN Mantuil dalam meningkatkan kemampuan membaca Surah Al-Falaq ialah dengan penerapan model pembelajaran Direct Instruction atau pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah penugasan dan Observasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 90, 9%. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa persentasi kemampuan membaca surah Al-falaq pada pra siklus adalah pada saat pembelajaran menunjukkan kemampuan membaca surah Al-Falaq  yang rendah yaitu sebanyak 6 siswa (54, 54%) tidak tercapai kriteria ketuntasan minimal dan 5 siswa (45, 46 %)  tercapai kriteria ketuntasan minimal. Kemudian hasilnya meningkat pada siklus I yaitu 2 siswa tercapai Kriteria ketuntasan minimal. 4 siswa masih dibawah KKM (36, 36%) dan 7 siswa memenuhi KKM (63, 64%). Lalu meningkat pada siklus II yaitu 3 siswa telah tercapai kriteria ketuntasan minimal. 1 siswa masih dibawah KKM (9, 1%) dan 10 siswa memenuhi KKM (90, 9%). Masih tertingga 1 siswa yag masih belum memenuhi KKM. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan membaca surah Al-Falaq pada siswa kelas IV SDN Mantuil


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.