MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPRAKTIKKAN WUDHU PADA KELAS VII SMPN 1 PUGAAN DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION

Jariah Jariah

Abstract


Latar belakang masalah yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam mempraktikkan wudhu akibat belum digunakannya model yang tepat sehingga pembelajaran PAI  khususnya materi praktik berwudhu di kelas VII tidak efektif. Berdasarkan hal ini rumusan masalah yaitu  Apakah model Direct Instruction dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempraktikkan wudhu pada kelas VII SMPN 1 Pugaan tahun pelajaran 2021-2022. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mempraktikkan wudhu di kelas VII. Penelitian ini menggunakan model direct instruction dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran mempraktikkan wudhu siswa kelas VII SMPN 1 Pugaan berhasil dengan baik, hal ini dapat dilihat  dari hasil akhir dari setiap siklus yang dilakukan. Nilai KKM adalah 80%. Hasil siklus I di tes akhir sebesar 8,46 dipersentase menjadi 70.83%, kemudian dilakukakan tindakan di siklus II yang hasil tes akhirnya sebesar 9,5 yang dianggap persentasenya menjadi 100 % sehingga mencapai ketuntasan. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menerapkan model direct Instruction dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempraktikkan wudhu pada kelas VII SMPN 1 Pugaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.