PENGGUNAAN METODE PRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 SUNGAI LOBAN

Ina Arisandi Noor

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan metode  presentasi dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik terhadap Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IX-C  SMP Negeri 1 Sungai Loban tahun pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Sungai Loban Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 27 siswa muslim dengan komposisi 15 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborator bersama dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teknik evaluasi atau tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran presentasi dapat meningkatkan keaktifan belajar pendidikan agama islam pada kelas IX-C SMP Negeri 1 Sungai Loban Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: pada pembelajaran konvensional (1) Keaktifan peserta didik  dalam bertanya sebanyak 7,40%, Menjawab pertanyaan 14,81%, Berpendapat 11,11% dan yang pasif 70,37%. Setelah pembelajaran menggunakan metode presentasi, maka pada siklus 1 diperoleh hasil (2) keaktifan peserta didik dalam bertanya sebanyak 33,33%, Menjawab pertanyaan 22,22%, Berpendapat 14,81%, dan yang pasif 29,62%. Setelah itu pada siklus 2 pembelajaran dengan metode presentasi meningkat (3) Keaktifan peserta didik dalam bertanya sebanyak 29,62%, Menjawab pertanyaan 22,22%, Berpendapat 48,14%, dan yang pasif 0%. Dengan demikian, setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Presentasi maka tingkat partisipasi keaktifan siswa dan hasil belajar meningkat dengan baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.