MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE STAD KELAS VIII SMPN 6 DANAU PANGGANG

M. Nor Efansyah

Abstract


Meningkatkan Hasil Pembelajaran Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Melalui Metode STAD Kelas VIII SMPN 6 Danau Panggang. M. Nor Efansyah, S.Ag. NIM. 214262730079 Iman Kepada Kitab-Kitab Allah adalah Rukun Iman yang Ke tiga. Sehingga dengan mempelajari nya, peserta didik diharapkan mampu menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman, meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari, memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah dan menyajikan dalil naqli tentang beriman Kitab-kitab Allah dengan benar. Metode Penelitian, Jenis Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Danau Panggang dengan alamat Jalan Pasar Desa Pararain Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selata, Waktu Penelitian direncanakan selama 3 (tiga) bulan dimulai pada tanggal 12 Juli 2021 sampai dengan 30 September 2021. Subyek Penelitian adalah peserta didik kelas VIII, dengan jumlah peserta didik 20 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan dan Guru (peneliti sendiri). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah: Test, Lembar Pengamatan Aktivitas Menulis Peserta Didik, Lembar Pengamatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Data yang diambil adalah data kuantitatif dari hasil pengumpulan data dengan teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah: Test, Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, Lembar Pengamatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran.  Prosedur penelitian terdiri dari  4 tahap, yakni  perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan evaluasi. Refleksi dalam tahap siklus dan akan berulang kembali pada siklus-siklus berikutnya. Analisis Data, Data penelitian yang telah diperoleh akan dianalisis dengan cara: Hasil belajar peserta didik dianalisis secara kualitatif dengan membandingkannya dengan KKM, Menghitung rata-rata kelas atau prosentase ketuntasan. Aktivitas Peserta Didik, Dengan melihat skor yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil temuan  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dapat Meningkatkan Hasil Pembelajaran Dan Aktivitas  Peserta Ddidik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah para peserta didik  SMP Negeri 6 Danau Panggang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.