MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 1 TUNGKARAN PANGERAN KELAS IV PADA MATERI SHALAT WAJIB MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Ahmad Alfanuddin

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini digunakan untuk mengetahui serta meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti mengambil sampel Shalat Wajib pada peserta didik kelas IV (empat) di SDN 1 Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Pada kegiatan prasiklus ditemukan kendala yang menjadi titik pusat peneliti. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi, artinya setelah pendidik menyampaikan teori pembelajaran bab Shalat Wajib kemudian memberikan contoh (praktik) secara langsung di depan kelas. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat memadukan pengetahuan teori dengan praktik di lapangan. Pelaksanaan pembelajaran shalat di Kelas IV SDN 1 Tungkaran Pangeran dengan menggunakan metode demontrasi ini telah dilaksanakan dengan dua siklus. Untuk masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Pada akhir penelitian ini dihasilkan bahwa kemampuan shalat melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV SDN 1 Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah BumbuTahun Pelajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.