UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI SURAT AL-FALAQ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING PADA SISWA KELAS IV SD

Gajali Gajali

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran learning by doing   terhadap hasil belajar   Pendidikan Agama Islam serta ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya pembelajaran learning by doing.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, kegiatan dan pengamatan, dan refleksi,. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir pelajaran, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa Hasil  belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (43%), siklus II (86%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode  learning by doing   dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas IV, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.