MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANTEWE

Anisa Anisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Mantewe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Mantewe dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, peningkatan keaktifan siswa pada aspek perhatian siswa, kemauan bertanya, partisipasi dalam kelompok, antusiasme dalam mengerjakan tugas, bekerjasama dalam kelompoknya mengalami peningkatan yang baik jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelum tindakan kelas ini dilaksanakan, yaitu (1)Aktivitas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar melalui penerapan pembelajaran model discovery berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan rencana. Aktivitas tersebut mengalami peningkatan sebesar 22,22%, yaitu dari 72,22% pada pertemuan siklus pertama menjadi 94,44% pada pertemuan siklus II. (2) Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 32,00% yaitu dari skor rata-rata 66,00% (aktif) pada pertemuanĀ  siklus I, meningkat menjadi 98,00% (sangat aktif) pada pertemuan siklus II. (3) Tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi meyakini kitab-kitab Allah SWT melalui model discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam di kelas VIII SMP Negeri 1 Mantewe dinyatakan berhasil dan tujuan pembelajaran tercapai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.