MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 1 Satui Semester satu tahun pelajararan 2021/2022 dengan jumlah peserta didik yang diteliti sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan 1) untuk mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik di kelas VIII SMPN 1 Satui ketika pembelajaran PAI materi Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt ; 2) untuk mengetahui Apakah hasil pembelajaran PAI materi Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning di kelas VIII SMPN 1 Satui ada peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran coopertaif learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik akhir siklus I sebesar 71,67% mningkat menjadi 85,83% pada siklus II. Untuk aktivitas peserta didik yang aktif dengan kategori sangat baik dan baik pada siklus I sebesar 67,5% dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Kemudian untuk respon siswa setelah dilaksanakan angket terdapat 91,6% menyatakan suka terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.