PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF DRILL AND PRACTICE PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

MIlsa Rusiati

Abstract


Untuk mencapai hasil maksimal dalam pembelajaran tersebut seorang guru haruslah bisa menggunakan teknik dan metode yang cocok dan sesuai dengan keadaan peserta didiknya seta materi yang sedang dibahas. Hal ini senada dengan pendapat Adhitya (2013:19) yang mengatakan “semua metode pembelajaran itu saling melengkapi satu sama lain. Penggunaannya pada pembelajaran dapat digabungkan dengan berbagai metode maupun cara, tergantung dari pokok bahasan pembelajaran dan keadaan peserta didik kita.

Berdasarkan pertimbangan itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode drill and practice (metode latihan-latihan dan praktek langsung) karena mempertimbangkan dari segi materi dan karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode drill and practice dapat mempengaruhi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena berdasarkan hasil observasi pada materi pelajaran yang sama ditahun sebelumnya namun dengan menggunakan metode dan teknik yang berbeda dengan sekarang maka hasil belajar yang diperoleh masih rendah dan hanya beberapa orang peserta didik saja yang memenuhi standar KKM. Sedangkan dari hasil analisis penerapan metode pembelajaran drill and practice yang dilakukan di kelas III SDN Garunggang Kecamatan Banjang Tahun Pelajaran 2021/2022 didapati bahwa hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini membuktikan bahwa metode drill and practice layak dipertimbangkan sebagai metode mengajar yang memfokuskan pada keahlian atau skill tertentu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.