IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH BESAR

Sholihin Sholihin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar PAI dengan menggunakan model Pembelajaran Make A Match pada siswa kelas IV SDN Sungai Jingah Besar Kabupaten Barito Kuala. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Jingah Besar yang berjumlah 12 siswa.

            Teknik pengumpulan data menggunakan observasi , dan soal pengetahuan. Sementara  instrumen pengumpulan Data menggunakan lembar observasi dan lembar soal pengetahuan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar PAI kelas IV SDN Sungai Jingah Besar

Peningkatan ini didasarkan pada hasil siklus I, dimana ada beberapa siswa yang belum mempunyai minat untuk belajar dan memperhatikan pelajaran. Pada penelitian siklus II sudah mulai terlihat hampir seluruh siswa sudah memiliki minat belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match, dimana saat penerapan model make a match siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran, dan sisswa sangat berantusias untuk mengikuti pelajaran dan berani untuk bertanya.

Siklus I pertemuan 1 Nilai rata-rata kelas sebesar 62, ketuntasan belajar klasikal 42% menjadi 66 dan ketuntasan belajar 58% pada siklus I pertemuan 2. Kemudian siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata 78 dan ketuntasan belajar klasikal 75% dan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan nilai rata-rata 86 dan ketuntasan belajar klasikal 92%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru, menjadi alternatif pembelajaran PAI tema Beriman Kepada Malaikat Allah  menggunakan model pembelajaran Make A Match karena akan meningkatkan hasil dan proses pembelajaran siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.