MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL MATERI SURAH AL-FALAQ DI KELAS IV SDN BANTUIL 2

Sa'diah Sa'diah

Abstract


Peranan guru dalam proses pembelajaran berpusat pada guru. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Akibatnya siswa cepat bosan, tidak aktif dan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu metode yang digunakan adalah metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ketika pembelajaran menggunakan metode drill terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bantuil 2. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan setiap siklus. Pada siklus I pertemuan I aktivitas guru menunjukkan 70,8% sedangkan pada pertemuan II mengalami peningkatan yaitu 75%. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 50,45% dan pada pertemuan II meningkat sebesar 68,63%. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 45% sedangkan sedangkan pada pertemuan II meningkat 63,63% namun belum mampu mencapai ketuntasan klasikal. Aktivitas guru pada siklus II pertemuan I sebesar 83,3% sedangkan pada pertemuan II meningkat sebesar 95,8%. Aktivitas siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 75,9% dan pada pertemuan II meningkat 93,18%. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 81,81% sedangkan pada pertemuan I mengalami peningkatan sebesar 90,90%. Ini menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus II tuntas secara klasikal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.