MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL MATERI SURAH AL-FALAQ DI KELAS IV SDN BANTUIL 2

Sa'diah Sa'diah

Abstract


Kemampuan membaca Al-Qur’an perlu  ditanamkan sejak dini. Untuk menjembatani itu, diperlukan upaya yang serius dari pendidik agar anak didiknya mempu dan terampil membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Pada SDN Bantuil 2 proses pembelajaran berpusat pada guru. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Akibatnya siswa cepat bosan, tidak aktif dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bantuil 2 yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan ketika pembelajaran menggunakan metode drill terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bantuil 2. Pada siklus I aktivitas guru yaitu 75% dan pada siklus II meningkat sebesar 95,8% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I 68,63% dan pada pertemuan II meningkat 93,18% kategori sangat aktif . Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,63% dan pada siklus II meningkat 90,90%. Ini menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus II tuntas secara klasikal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.