UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BERBUSANA SESUAI SYARIAT ISLAM

Winda Herliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Berbusana sesuai syariat islam pada peserta didik kelas X OTKP 2 SMKN-1 Muara Teweh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Latarbelakangi penulis untuk mengkaji lebih dalam tentang pembelajaran terkait karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi Berbusana sessuai syariat Islam kelas X dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional pada proses belajar mengajar dikelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTKP 2 SMKN-1 Muara Teweh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, yang berjumlah 7 peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar dikatakan berhasil apabila persentase ketuntasan peserta didik mencapai 80% dengan kriteria baik. Penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik masih dalam kriteria kurang yaitu sebesar 42,86%, jumlah peserta didik yang tuntas belajar adalah 3 dari 7 jumlah peserta didik, dan belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II pencapaian kriteria baik dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 85,71 %, jumlah peserta didik yang tuntas belajar adalah 6 peserta didik dari jumlah 7 peserta didik. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan belajar menyenangkan dan penggunaan model belajar yang tepat, melalui perencanaan pembelajaran yaitu: (1) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) Menyusun lembar observasi guru dan peserta didik, (3) menyiapkan media pembelajaran, (4) menyiapkan LKPD, (5) menyiapkan soal evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, dkk, Pembelajaran Akselerasi, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Ali Hamzah, Muhlisrarini, Perencanaan dan strategi pembelajran Matematika, Jakarta, Rajawali Pers, 2004

Alwi, Idrus, dkk, Panduan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Saraz Publishing,2014.

Annur, Saipul, Profesionalitas Guru Agama Islam: Wacan Pengembangan Guru, Jurnal Ta’dib, Vol. XIII. No. 1, Juni 2008.

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

asrori, Pengaruh metode Discovery Learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep suhu dan kalor di SMA Negri 4 Pandeglang, Jakarta: UIN 2001.

Basyiruddin Usman, M, Metode Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Depag RI, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Madrasah Tsnawiyah, Jakarta: Rektotat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2004.

Ghony, M. Djunaidi, Penelitian Tindakan Kelas, Malang: UIN-Malang Press, 2008. Irawan, Prasetya, Penelitian Kualitatif dan KuantitatifUntuk Ilmu-ilmu Sosial, (Jakarta: FISIP UI, 2007.

Junaedi,dkk, Strategi Pembelajran edisi pertama paket 1-7, Learning assistance Program for Islamic Schools Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2008.

Kallaf, Abdul Wahab, Ilmu Ushul Fiqih, Bandung: Gema Risalah Press, 1996

Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta : K-Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.