UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Sri Parmiyati

Abstract


Upaya peningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran PAI dengan model pembelajaran problem based learning. Pelaksanaan pendidikan agama yang berlangsung di sekolah masih mengalami banyak kelemahan. Kegagalan ini disebabkan karena praktik pendidikannya hanya memperhatikan aspek kognitif semata dari pertumbuhan kesadaran nilai-nilai (agama), dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan konatif-volitif, yakni kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama.Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah padapenulisan ini adalah “Apakah penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI MIA SMAN 3 Muara Teweh.”  penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran  PAI. Metode penulisan yang digunakan adalahpenulisan Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Subyekpenulisan ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 3 Muara Teweh ,Kec.Teweh Selatan,Kab.Barito Utara. Berdasarkan hasilpenulisan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Saintifik dengan problem based learning mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI MIA SMAN 3 Muara Teweh Barito Utara.   Jumlah nilai rata-rata pada pelaksanaan pretest adalah 65,3% kemudian setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I jumlah nilai rata-rata meningkat menjadi 78,44% atau meningkat menjadi 5,38% atau sekitar 77,14% keberhasilan. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 33,3% atau sekitar 100% keberhasilan.   Perkembangan pembelajaran berbasis masalah perlu dikembangkan guna meningkatkan kegiatan-kegiatan belajar mengajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.