UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI MATERI SURAH AL-KAFIRUN MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Raeny Sugiati

Abstract


Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VI SDN 1 SIKAN, Kec. Montallat Kab. Barito Utara dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, memahami materi Q.S Al Kafirun adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam upaya meningkatkan hasil belajar memahami materi Q.S Al Kafirun siswa kelas VI SDN 1 Sikan ?” Sehubungan dengan rumusan masalah tersebut di atas, maka penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa memahami materi Q.S Al Kafirun menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe make a match di kelas VI SDN 1 Sikan.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan jenis penelitian diskriftif, sumber data dari penelitian ini adalah yang menjadi subjek penelitian ini, yaitu siswa – siswi kelas VI SDN 1 Sikan Kec. Montallat. Metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data dalam penulisaan ini adalah dengan menggunakan presentase dan hasilnya setelah menerapkan strategi Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Make A Match dalam memahami materi Q.S Al-Kafirun hasil belajar siswa terbukti mencapai KKM yakni diketahui mengalami peningkatan dari siklus I persentase ketuntasan 69,23 % menjadi  80,76 % disiklus ke II, maka dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ” Terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Make A Match”.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.